PALEMBANG,KANALPOS.COM – Sudah menjadi dasar perjuangan Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) yang mana seperti tertuang dalam visi dan misinya salah satunya mengangkat kembali jejak jejak kebudayaan Palembang Darussalam yang mulai hilang. Menurut Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikramo R.M.Fauwaz Diradja SH MKn disela acara audisi yang merupakan rangkaian pemilihan duta duta budaya Kesultanan Palembang Darussalam, Minggu, (27/3)  bertempat di atrium Opi Mall Jakabaring, Palembang.

Kegiatan tersebut  mengatakan putra putri terbaik dari yang terbaik yang akan mengangkat kembali jejak jejak kebudayaan Palembang Darussalam yang mulai hilang. Audisi dihadiri langsung oleh Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikramo R.M.Fauwaz Diradja SH Mkn, Ketua Panitia Milad Kesultanan Vebri Al Lintani, Isnayanti dari Kesultanan Palembang Darussalam,  Ketua Komunitas Pedagang dan Pencinta Kuliner Nusantara, Hj Rohana Hasyim, SE, Ketua Dewan Kesenian Palembang, Ms Iqbal Rudianto, Ali Goik Seniman, dan Founder Putra Putri Palembang Darussalam Kiki Kirana.

Sebab itu SMB IV berharap para peserta secara serius dapat belajar dengan baik dengan para mentor. “Dengan pengalaman ini tentu adik adik peserta dapat belajar dan mengetahui tatanan apa apa saja dalam kehidupan semasa kesultanan itu pernah ada dan  dapat menilai sendiri yang mana juga sudah hampir tergerus dan bahkan sudah hilang serta kebaikan kebaikan apa yang telah tertanam di lingkungan bahkan hal paling Domestik (keluarga)  yang baik untuk dicontoh,” kata SMB IV.

Namun begitu SMB IV  juga senang sebab antusias peserta cukup membanggakan, hal tersebut menurutnya betapa pemuda dan pemudi Palembang dan Sumsel umumnya sangat mencintai Kesultanan Palembang Darussalam. Sebab itulah Sultan berpesan kepada para peserta yang belum berkesempatan menang pada fase selanjutnya dalam ajang ini, tetap jangan merasa kecewa sebab dengan mengikuti dan menjadi peserta itu sudah berarti sudah menunjukan kebanggaan dan menjadi nilai perjuangan dalam mempertahankan Marwah Kesultanan Palembang Darussalam.

Pada akhirnya SMB IV berpesan juga untuk serius dan belajar untuk mengali lebih dalam lagi untuk membangkitkan kembali kebudayaan Palembang Darussalam “Hal ini penting menjadi atensi adik adik peserta untuk serius mengikuti arahan dari para mentor yang akan membimbing dan gunakan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam lagi untuk membangkitkan kembali kebudayaan Palembang Darussalam, “katanya.

SMB IV juga sangat mengapresiasi kepada sejumlah pihak terkhusus kepada Ketua Panitia Milad Ke 356 KPD yang mana menurutnya sejumlah rangkaian kegiatan berjalan mulus sesuai dengan harapan. Disebutkan SMB IV rangkaian Milad ke 356, mulai dari rangkaian kegiatan agamais, kebudayaan dan sosial termasuk juga kegiatan ajang ajang kepemudaan dan pariwisata tercatat sebagai kerja kerja yang terukur.  “Ini adalah gebrakan yang luar biasa dan tentu kita melihat multy flier efek sangat besar dari apa yang digagas oleh Panitia Putra Putri Palembang Darussalam, “katanya.(Dod/Ef )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini