Pelantikan DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Selatan peridoe 2023-2028

PALEMBANG,KANALPOS.COM- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menyaksikan Pelantikan DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) peridoe 2023-2028, bertempat di Auditorium Graha Bina Praja, Jum’at (13/1) Pagi.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru juga didaulat sebagai Pembina Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumsel. Herman Deru mengakui, usai pelantikan hal yang berat menanti di depan mata, yakni problem pertanian dari kluster profesi.

“Dimana saat ini yang menjadi petani justru usia yang mendekati pensiun, masih sangat jarang yang usia produktif, petani dijadikan profesi terakhir, oleh sebab itu pemuda harus diajak untuk ketertarikan menjadi petani,” ungkapnya

Sebagai pembina, Herman Deru mengajak untuk pengurus DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumsel membuat terobosan, mulai dari Mindset yang harus disusun dengan pemetaan terlebih dulu mengenai potensi dan masalah pertanian yang ada di Provinsi Sumsel, kemudian Pemuda tani mengambil peran baik itu budidaya atau pemasarannya.

“Budidaya mulai dari bibit hingga teknologi pertanian atau pemasarannya, kita ingin petani punya jiwa entreprenuer. Harus punya jiwa pengusaha, tidak boleh petani menjadi buruh dilahannya sendiri,” terangnya

Herman Deru menuturkan, luas pertanian Provinsi Sumsel seluas 91.000, dengan demografi dan topografi yang beranaeka ragam, dan potensi sangat banyak.

“Kalau pemuda tani Indonesia ini memberikan contoh, memberikan keteladanan, saya yakin petani mudah-mudahan menjdi profesi yang mulia. peningkatan produktifitas, profesi terhormat dan menjanjikan menjadi tumpuan dalam penghasilan,” pungkasnya.(hs)