Banyuasin, Kanalpos.com -Kusmawati, biasa dipanggil Kusma, merupakan salah satu penggiat sastra lisan perempuan yang ada di Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Kusmawati lahir di Pangkalan Balai, 31 Maret 1982. Menyukai dunia sastra dimulai dari sering melihat ayahnya (yang dia panggil abah), Affanul Z. Kheir, membawakan syair sastra lisan asli Banyuasin. Di Banyuasin, Pak Affanul Z. Kheir, merupakan salah satu penggiat seni khususnya di sastra lisan.

Nama beliau dikenal sebagai penutur maupun sebagai penulis di Banyuasin. Kusnawati merupakan anak keempat dari enam bersaudara. Ayahnya bernama Affanul Z. Kheir dan ibunya bernama Ummi Kalsum.Kusmawati menempuh pendidikan di Fakultas Tarbiyah (extention), IAIN Raden Fatah Palembang pada tahun 2008 – 2010. Selesai kuliah Kusnawati menikah dengan pria pilihannya bernama Suyono Wagiman dan kini sudah dikaruniai satu anak bernama Zayyan Ubaidillah Muzaffar. Kusmawati, S.Pd.I. berprofesi sebagai guru.

Dia mengajar di Madraasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum, yaitu salah satu sekolah setingkat sekolah dasar yang ada di Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Kusmawati merupakan salah satu penutur sastra lisan yang ada di Banyuasin. Dia mengenal tradisi sastra lisan dari abahnya, yaitu Affanul Z. Kheir. Dia sering mendengar abahnya membawakan sastra tradisi serambe, sebuah sastra lisan khas yang ada di Banyuasin.

Takdir berkata lain, pada tahun 2018 abahnyameninggal dunia. Affanul Z. Kheir merupakan salah satu seniman yang peduli dengan pelestarian seni tradisi yang ada di Banyuasin. Dengan meninggalnya, penutur atau pembawa cerita ande – ande panjang menjadi semakin langkah. Orang tua Kusmawati merupakan generasi terakhir yang melestarikan dan menghidupkan cerita ande-ande panjang di Kabupaten Banyuasin. Beberapa bulan yang lalu, ibu Kusmawati saat di wawancara menyambut baik. ( Edwin fast )