BENGKULU, KANALPOS.COM – Korem 041/Garuda Emas menggelar kegiatan Karya Bakti pembersihan pantai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke–78 Kodam II/Swj tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh Personel dari TNI-Polri, Pemda Bengkulu serta Badan instansi lainnya dan masyarakat Bengkulu, di Pantai Panjang Jalan Pariwisata Kota Bengkulu, Rabu (03/01/2024).

Wisata Pantai Panjang yang merupakan icon dari Provinsi Bengkulu ini merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat bengkulu dan para wisatawan dari luar daerah.

Saat merayakan pergantian tahun baru 2024, Pantai Panjang dijadikan tempat acara malam pergantian tahun baru 2024. Setelah acara pergantian tahun baru, untuk menjaga keindahan dan kebersihan pantai panjang, Korem 041/Gamas melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di sepanjang Pantai Panjang.

Dalam sambutannya, Danrem 041/Gamas yang dibacakan Kasiops Kasrem 041/Gamas mengatakan, kegiatan Karya Bakti ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke–78 Kodam II/Swj.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengajak kepada masyarakat dan memberikan gambaran bahwa pentingnya nilai gotong royong serta budaya bersih agar terbiasa hidup tertib, rapi dan sehat atau yang sering disebut ASRI,” kata Kasrem.

Lanjut Kasrem, sasaran target pembersihan Karya Bakti TNI yang dilaksanakan adalah pembersihan seputaran wisata Pantai Panjang, dari pantai pasir putih sampai ke Mess Pemda atau Tugu Pena dengan memungut dan mengumpulkan sampah-sampah tersebut menggunakan truck sampah dari Dinas Kebersihan.

“Sebanyak 5 Ton Sampah sudah berhasil dibersihkan, diangkut dan langsung dibuang menuju ke TPA. Bersamaan dengan kegiatan ini, instansi terkait beserta satpol PP menertibkan beberapa bangunan yang tidak pada tempatnya, tentunya dengan koordinasi dengan instansi terkait dari Dinas Provinsi dan Kota serta pemilik bangunan itu sendiri,” ujar Kasrem.

Kasrem menambahkan, pelaksanaan Karya Bakti ini juga tidak terlepas dari Kerjasama antara TNI, Polri, Para Forkopimda dan Masyarakat beserta dengan Dinas Pertamanan Tata Kota Bengkulu dan Dinas kebersihan.

“Diharapkan dalam waktu kedepan, Pantai panjang bisa menjadi icon bagi masyarakat Bengkulu yang indah, bersih dan tertib menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bengkulu,” pungkas Kasrem.

Kegiatan Karya Bakti ini, dihadiri oleh para Kasi Kasrem 041/Gamas beserta seluruh anggota dan PNS Korem 041/Gamas, Dandim 0407/Kota Bengkulu beserta Anggotanya, Unsur Forkopimda Bengkulu dan melibatkan personel dari Kompi B Yonif 144/JY Brigif 8/GC, Denpom II/1, Denhubrem 041, Denkesyah 02.04.01, Ajenrem 041, Lanal Bengkulu, Polda Bengkulu, Brimobda Bengkulu, Polresta Bengkulu, Dinas Pariwisata, Satpol PP Provinsi/Kota Bengkulu, Persit KCK Koorcab Rem 041 PD II/Swj, Dinkes provinsi Bengkulu, FKPPI, anggota Menwa, Pramuka, Karang taruna serta masyarakat Bengkulu. (*)