Muara Enim – Kegiatan TMMD ke-120 di wilayah Korem 044/Gapo secara resmi ditutup oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tandyo Budi R. S.Sos

Kegiatan TMMD ke-120 yang diselenggarakan oleh Kodim 0404/Muara Enim ini merupakan Program TNI AD dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan di wilayah Kabupaten Muara Enim , Sumatera Selatan ( Jum’at,7/6/2024)

Turut hadir mendampingi Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Revita bersama Ibu Tandyo Budi Revita diantaranya Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Naudi Nurdika berserta Ibu dan Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Tohir beserta ibu
bersama sejumlah pejabat Kodam II /Sriwijaya diantaranya Aster Kasdam Kolonel Inf Ahmad Hadi , Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Paiman dan pejabat Kodam II/Sriwijaya lainnya.

Sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali dan Bupati Pali dan Pemkot Prabumulih Polri diantaranya Kapolres Prabumulih ,AKBP Endro , Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin dan Kapolres Muara Enim diwakili Wakapolres Kompol Roy Tambunan dan tamu undangan lainnya.

Diawali dengan pembacaan laporan hasil pelaksanaan dari Komandan Satgas TMMD yang juga Komandan Kodim 0404/Muara Enim , Letkol Inf Nugraha SH ,MIP.

Sebagai informasi, Selama 30 hari, terhitung dibuka pada tanggal 8 Mei 2024 lalu, kegiatan ini terdiri dari pembangunan fisik dan juga non fisik meliputi sejumlah kegiatan Fisik dan 2 kegiatan tambahan diantaranya pembukaan jalan sepanjang 6 KM dengan lebar 8 M, Rehab Pos Kamling sebanyak 4 unit, Rehab Mushola 1 unit, pembuatan sumur bor 3 unit dan MCK 1 unit, melakukan Rehab terhadap rumah tidak layak huni 5 unit serta melaksanakan program KASAD yaitu ketahanan terpadu kodim 0404/Muara Enim pertanian, peternakan, perikanan pengentasan Stunting dan dilanjutkan Bakti sosial.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan inti yaitu Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 120 Tahun 2024 Kodim 0404/Muara Enim dengan tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” di Lapangan Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tandyo Budi R. S.Sos yang membacakan amanat tertulis dari KASAD Jenderal Maruli Simanjuntak.

“Kegiatan TMMD yang ke-120 merupakan salah satu peran teritorial Kodim dalam mendorong percepatan pembangunan wilayah termasuk dukungan positif komponen masyarakat untuk melakukan pembangunan di daerah tertinggal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” Beber Letjen TNI Tandyo Budi Revita.

Dirinya menambahkan apresiasi dan dukungan kepada semua pihak sehingga dapat terlaksana progres pencapaian TMMD 120 Kodim 0404/ Muara Enim.

“Selaku penanggung jawab operasional TNI, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten Muara Enim yang telah mengalokasikan APBD untuk mendukung kegiatan TMMD tahun 2024 dan juga atas partisipasi sejumlah BUMN , BUMD serta BUMS sebagai wujud sinergitas terlaksananya capaian kegiatan sehingga dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat,” Lanjutnya.

Hasil yang dicapai pada kegiatan TMMD ini akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim sebagai wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat serta semangat sinergitas bersama lintas sektoral dan lintas terkait agar mampu mendorong kemajuan infrastruktur daerah tertinggal.

Termasuk didalamnya beberapa kegiatan Non Fisik yang mempunyai peran yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mengembangkan sumberdaya manusia di wilayah dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan dari instansi pemerintah Daerah Kab. Muara Enim kepada masyarakat.

Setelah acara penutupan TMMD, kegiatan dilanjutkan dengan Bakti Sosial, pemberian tali asih berupa pembagian sembako serta alat kesehatan seperti kursi roda, dan dilanjutkan peninjauan UMKM.

Ada momentum menarik dari seorang Letkol Inf Nugraha dimana pada saat usai kegiatan , Dandim Nugraha mengajak dan mengingatkan agar personil dan tamu undangan lainnya untuk melaksanakan shalat Jumat di mesjid desa Sidomulyo.

Tak ayal , Mesjid yang lebih didalamnya dan juga sebagian melaksanakan ibadah Jumat pada teras mesjid.

Dalam khutbahnya , Kyai Mahfud yang juga tokoh agama kabupaten Muara Enim mengingat agar kita sebagai manusia agar mematuhi Sang Khalik Allah SWT sebagai implementasi dari Athiullah Wa Athiurrasul serta taat kepada pemimpin.

Termasuk setelah kepatuhan dan akan timbul rasa bersyukur.

Termasuk didalamnya, sebagai perwakilan masyarakat desa Sidomulyo sebagai wujud syukur dan apresiasi atas perhatian Kodim 0404/Muara Enim yangg menetapkan desa Sidomulyo sebagai salah satu desa sasaran pencapaian.

” Kami mewakili segenap pengurus Mesjid At Taqwa dan juga mewakili masyarakat desa Sidomulyo mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya serta serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kodim 0404/ Muara Enim yang telah membangun desa kami dan mudah mudahan Allah SWT membalas kebaikan tersebut melebihi kebaikan yang telah kami terima ,” Doa Kyai Mahfud yang juga didampingi segenap pengurus mesjid lainnya

Bukan tidak beralasan Kyai Mahfud menyampaikan demikian , Mengingat selama pelaksanaan TMMD , Kyai Mahfud yang juga Imam Mesjid At Taqwa desa Sidomulyo terselip kerinduan dan keharuan mengingat sebagian jemaah ibadah shalat Fardu juga aktif diikuti personil TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim yang salah satu Poskonya tepat berada di depan Mesjid At Taqwa desa Sidomulyo.

Senada demikian, Mashudi ( 48) warga desa Sidomulyo yang menerima RTLH menyampaikan terima kasih dan merupakan berkah yang diterima bagi keluarganya.

” Terimakasih kepada bapak TNI dan Kodim Muara Enim yang telah membangun rumah kami yang sebelumnya ( sembari menunjukkan Poto rumah sebelumnya,Red) sehingga menjadi lebih bagus dan layak , ” Sebut Mashudi didampingi istri dan anaknya disaat diwawancarai awak media.

Sebagai informasi penutup , Semoga TMMD Kodim 0404/Muara Enim sebagai wujud sinergitas dan dorongan percepatan pembangunan wilayah dan juga sebagai salah satu wujud pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara dan diharapkan nantinya program unggulan dan sasaran fisik dan nonfisik dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan manfaat sepenuhnya dalam menstimulasi perekonomian masyarakat desa serta nantinya bagi daerah yang belum terjangkau program TMMD akan dapat dilaksanakan pada pelaksanaan TMMD pada periode berikutnya.(*)