PALEMBANG, KANALPOS.COM – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, menggelar silaturahmi dengan Aparat Pemerintah Daerah (Forkopimda) beserta Stake Holder Kementerian Lembaga dan Non Kementerian/Lembaga yang berada di wilayah Sumsel, di Cafe Rajo Tentro Bekangdam II/Swj Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang, Kamis (27/06/2024).

Kegiatan silaturahmi ini, merupakan ajang berdiskusi, saling mengenal, sekaligus sharing informasi dengan tujuan menjalin kerjasama dan berkolaborasi dalam rangka membantu tugas pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat di wilayah Sumsel.

Mengawali sambutannya, Pangdam menyampaikan terkait tugas-tugas Kodam II/Swj baik tugas OMP (Operasi Militer untuk Perang) maupun tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

Pangdam juga menyampaikan bahwa, TNI saat ini sudah melakukan kerjasama dengan kurang lebih 28 Kementerian dan Lembaga dalam rangka melaksanakan tugas OMSP seperti Pengamanan VVIP, menanggulangi Bencana alam, Karhutla, SAR, pemberian bantuan kemanusiaan dan lain sebagainya.

“Kita selalu siap mendukung Pemerintah dalam berbagai kegiatan, namun bersifat mendukung dan membantu. TNI bukan dalam porsi mengambil alih tugas-tugas Pemda, tapi sifatnya mendukung dan memberikan bantuan stake Holder di wilayah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah,” kata Pangdam.

Pangdam juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Forkopimda dan Stake Holder K/L dan Non K/L yang telah hadir dan berharap kerjasama tersebut terus terjalin dengan baik, tidak hanya sampai di sini saja, tetapi terus berlanjut dalam menghadapi berbagai agenda kedepan.

“Terkait agenda Pilkada, kita berharap ke depan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Ini merupakan hasil kerja-kerja kita semua. Mari kita bangun Sumsel ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, sambutan Pj. Gubernur Sumsel yang diwakili Sekda Provinsi Sumsel Ir. SA. Supriono menyampaikan, bahwa ada dua agenda yang akan dihadapi dan perlu diantisipasi, yang pertama agenda panjang 2045 menuju ‘Indonesia Emas’ akan mengalami krisis energi dan krisis pangan.

“Yang kedua, di bulan November Pilkada serentak, Mari kita sama-sama bahu-membahu mempertahankan Provinsi Sumsel Zero Konflik dan semoga Pemilu kali ini dapat memberikan kenyamanan dan kita sambut pesta demokrasi ini dengan gembira untuk memilih pemimpin yang baik di masa depan,” ujar Sekda.

Di tempat yang sama, Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK, memberikan apresiasi atas apa yang sudah diperbuat TNI selama ini.

“Saya apresiasi kepada TNI khususnya Kodam II/Swj yang telah menjalankan amanah sesuai dengan tujuan berdirinya Negara Republik Indonesia seperti memajukan kesejahteraan umum seperti cetak sawah, rehap RTLH, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bentuk memberikan makan siang kepada anak-anak sekolah dan kunjungan ke kampus-kampus,” ucap Kapolda.

“Kemudian, ikut melaksanakan ketertiban dunia berupa mengirimkan pasukan PBB juga ada. Terima kasih Bapak Panglima, semoga Bapak Panglima sehat selalu bersama jajaran,” imbuhnya.

Terakhir, sambutan dari Ketua DPRD Sumsel Dr. Hj. R.A Anita Noeringhati menyampaikan kebahagiaannya akan kekompakan Forkopimda yang sudah terjalin baik selama ini.

“Saya bersyukur mempunyai Forkopimda yang kompak, bisa bersinergi dan berkolaborasi. Pangdam dan Kapolda juga merupakan garda terdepan apabila ada bencana dan Karhutla,” ungkapnya.

Terakhir, saya selaku Ketua DPRD Sumsel akan mensupport penuh program yang di inisiasi oleh Bapak Pangdam, termasuk untuk mendukung anggaran seperti program bedah rumah, rehap RTLH Kodam II/Sriwijaya.” pungkas Ketua DPRD

Turut Hadir dalam acara ini, Sekda Provinsi Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Kapolda Sumsel, Asisten Bidang Intel Kejati Sumsel, Kabasarnas Sumsel, Kabinda Sumsel, BNN, Pimwil BRI, Mandiri, BNI, SKK Migas Wilayah Sumbagsel, Pertamina, para Kadis Provinsi Sumsel dan PJU Kodam II/Swj. (*)