LAHAT, KANALPOS.COM – Kodim 0405/Lahat Bersama Forkopimda Provinsi Sumsel dan Pemkot serta Masyarakat Pagar Alam, bersatu membentangkan Bendera Merah Putih Raksasa ukuran 20 meter ×30 meter di Tugu Rimau ketinggian Gunung Dempo Kota Pagar Alam, Sabtu (29/6/2024).

Kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa di Ketinggian Gunung Dempo ini melibatkan lebih dari 300 orang yang dipimpin oleh Pj. Walikota Pagar Alam, H. Lusapta Yudha Kurnia.

Kapendam II/Swj Kolonel Inf Paiman menjelaskan, bahwa dalam pembentangan bendera merah putih raksasa yang melibatkan berbagai elemen tersebut, ditandai dengan pembentangan dan penghormatan kepada bendera merah putih, pembacaan narasi, amanat dan doa.

“Ada lebih dari 300 orang dari berbagai kalangan ikut ambil bagian dalam pembentangan bendera merah putih raksasa,” ujar Kapendam.

“Ada dari unsur TNI, yakni Korem 044/Gapo, Kodim 0405/Lahat, dan Polri dari Polres Pagar Alam, juga dari Forkompimda Kota Pagar Alam, para Ketua OPD, Dinas/Instansi, Satpol PP dan berbagai elemen masyarakat Kota Pagar Alam, termasuk perwakilan mahasiswa, para pelajar Kota Pagar Alam dan masyarakat umum,” tambahnya.

Sementara, dalam sambutannya Pangdam II/Swj Mayjen TNI Moh. Naudi Nurdika yang dibacakan PJ Walikota Pagar Alam menyampaikan, Pangdam II/Swj mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkot Pagar Alam dan seluruh Forkopimda pada kegiatan pembentangan bendera raksasa di Kota Pagar Alam.

“Acara yang digelar ini bukan hanya di wilayah Kodam II/Swj saja, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia untuk memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-79 tahun 2024. Selamat Ulang Tahun ke-23 Kota Pagar Alam, semoga semakin maju menjadi salah satu kota destinasi tujuan wisata di Indonesia,” ucapnya.

Lanjutnya, tak lupa juga, Dirgahayu Bhayangkara, semoga Polri tetap selalu bersinergi untuk negeri. Salam presisi.

“Pembentangan bendera merah putih raksasa ini, sebagai rangkaian kegiatan yang diawali dengan penyerahan bendera dari Pangdam II/Swj kepada Dandim 0405/Lahat di Makodam II/Swj kemudian dibawa menggunakan mobil off road menuju Pagar Alam,” katanya.

“Dimaksudkan sebagai wujud cinta tanah air, pengamalan nilai-nilai Pancasila, membangun generasi muda yang memiliki pandangan positif serta tindakan positif,” pungkasnya.

Dokumentasi rangkaian kegiatan pembentangan bendera merah putih raksasa di ketinggian Gunung Dempo Kota Pagar Alam ini, akan ditampilkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada saat peringatan HUT RI ke-79 Tahun 2024. (*)