Palembang,Kanalpos.com -Tampilnya Ir H Ahmad Lagan MT dalam pentas pemilihan Wakil Walikota Palembang 2024-2029, memperoleh apresiasi dan tokoh-tokoh politik kota ini.

Mantan Walikota Palembang Ir H Eddy Santana Putra MT, mengatakan bahwa sosok H Ahmad Lagan sangat pantas menduduki jabatan wakil walikota periode ke depan.

Sebab, kata Eddy, Lagan merupakan sosok politikus dan pekerja sosial andal yang sudah memperlihatkan komitmennya di dalam kehidupan masyarakat Kota Palembang.

“Pak Lagan juga pernah menjabat Ketua DPD PDI Kota Palembang. Bahkan ia juga pernah duduk di DPRD Sumsel dan ikut memperjuangkan kepentingan rakyat,” ujar calon Gubernur Sumsel periode 2024-2029 tersebut, Senin, 8 Juli 2024.

Eddy mengatakan sangat mengenal pribadi H Ahmad Lagan. Ketika diajak sebagai partner dalam merumuskan pembangunan bagi kepentingan masyarakat, Lagan sangat piawai.

“Apapun tugas yang dibebankan ke diri beliau, dapat ia kerjakan sesuai standar yang dibutuhkan masyarakat. Saya setuju jika beliau nanti duduk mendampingi walikota terpilih. Pak Lagan sangat efektif diajak bekerja sama membangun kota ini,” ujar Eddy Santana Putra yang akrab disapa ESP tersebut.

Menurut Eddy, selain cerdas dan pintar mengendalikan kepribadiannya sendiri, Lagan tak pernah terlibat dalam hal-hal kriminalitas yang merugikan keuangan partai dan keuangan negara.

“Ia sangat jujur dan tak berambisi menduduki jabatan apapun,” tegas Eddy.

Bahkan, tambah ESP, ketika diminta untuk menjadi ketua partai atau jabatan tertentu, terpaksa harus didorong para sahabat dan koleganya. “Pak Lagan memang pantas mendampingi pejabat politis tertinggi kota ini,” tukas Eddy.

Sementara itu, politikus Partai Gerindra dan pengusaha sukses Sumatera Selatan, Ishak Yulian Yusuf, mengatakan bahwa Ahmad Lagan memang sosok yang jujur dan pekerja keras.

Selama berkecimpung dalam politik di partai berlambang “Banteng Gemuk” sejak 1987, Lagan memang selalu komitmen melaksanakan tugasnya.

“Bahkan saat menjabat ketua PDIP Kota Palembang, secara politis, partai yang dipimpinnya maju dan berjalan baik. Artinya, antar petugas partai tak ada yang sikut-sikutan terkait kepentingan pribadi. Saya sangat apresiatif terhadap beliau,” komentar Ishak Yulian yang akrab disapa Yan Najib tersebut.

Meski demikian, kata Yan Najib, menurut pengetahuannya, Lagan tak terlihat ambisi untuk menguasai jabatan apapun.

“Kalau pun ia maju, itu berkat dorongan kawan-kawan dan para koleganya,” ujar pembalap potensial asal Sumatera Selatan tersebut.

Pemilik SPBU dan Bengkel Mobil PASS di Jalan Demang Lebar Daun itu sangat optimis bahwa Ahmad Lagan akan “dilamar” calon walikota Palembang untuk mendampingi mereka.

“Sebab Pak Lagan itu cerdas, piawai, dan jujur. Saya minta agar Pak Lagan bisa meningkatkan niatnya untuk ikut memimpin Kota Palembang,” tukas Yan Najib menutup perbincangan. (*)

Laporan Anto Narasoma